Warning! This post is 100% coming up from my mind so, there is a chance that my "theory" may be wrong. Please do share your thought in the comment box below.
Halo! Kali ini saya mau sharing tentang shock atau biasa disebut damper (wong jowo kenalnya "sekok"). Di mobil asli kita kenal dengan istilah shock breaker. Ada juga shock breaker yang jadi satu dengan spring atau coil, makanya disebut coilover shock (per di atas shock breaker). Di RC (remote control), yang sering kita lihat adalah model coilover.
Hello! This time, i want to shares to you all about shock a.k.a. damper. In real car, we call it shock breaker. The other one is shock breaker with built-in spring a.k.a. coilover shock. Mostly in RC, coilover is the favourite.
Di bagian 1 ini, saya menjelaskan singkat saja mengenai cara kerja shock. Saya rasa sebagian dari anda adalah pemain RC, jadi untuk komponen sudah tentu anda paham sekali (paling tidak pernah merakit atau membongkar minimal sekali). Berangkat dari kesimpulan ini dan mayoritas pembaca blog ini, maka saya tidak perlu menjelaskan kembali komponen-komponennya.
In this part 1, i will briefly explained about basic of how shock works. I think much of you are RC driver and don't need explanation about shock's component (at least, you have had built new shock or re-assembled factory built shock).
Fungsi utama shock adalah meredam getaran yang ditimbulkan dari jalan yang tidak rata. Dalam dunia balap, shock berperan sekali dalam mempengaruhi pengendalian mobil. Bagi sebagian pembalap RC, ada yang mengira fungsi shock kalah penting dari per (spring) yang dipakai. Tidak salah, juga tidak benar.
Mainly, shock are used to dampen (that's why they call it "damper") the shock/vibration coming from imperfect road. In race world, shocks are the major issue to your car handling performances. For some RC racer, they thought that spring is the most important rather than shock. Not 100% wrong, but not 100% correct.
Spring atau per, fungsinya menahan berat mobil dan menjaga postur mobil supaya tetap seimbang, baik kondisi jalan mulus, jalan bergelombang, dan tikungan. Sedangkan shock, fungsinya menstabilkan gerakan mobil dan meredam getaran yang ditimbulkan dari kontak ban dengan permukaan jalan.
Springs handle the weight of the car and keeping the car level in flat roads, uneven roads, and corners. Meanwhile, stabilizing car movement & soften impact from tyres & road surface is what shock breaker do.
Untuk dunia balap mobil RC, fungsinya bertambah. Baik spring dan shock berfungsi menambah mechanical grip dan meningkatkan karakter pengendlian mobil sesuai yang diinginkan. Secara umum, setting spring dan shock harus linear atau berbanding lurus, misal: spring keras identik dengan shock breaker yang keras dan sebaliknya. Prakteknya ada temuan yang menarik sekali untuk dibahas, dan akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.
For RC race car, there's more to it. Spring and shock also added mechanical grip and increase car handling characteristic just like the driver want it. Based on theory, spring rate and dampening action must be linear, like harder spring goes for harder dampening action and vice versa.
Jadi, apakah anda masih berpikir spring itu fungsinya lebih penting daripada shock?
So, are you still saying spring setup more important than shock setup?
(ke Part 2)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar